Tips Membuat Ruang Tunggu yang Nyaman di Kantor

Tips Membuat Ruang Tunggu yang Nyaman di Kantor

Salah satu ruangan penting yang harus ada di kantor adalah ruang tunggu. Mengapa? Sebab namanya perkantoran pasti ada banyak tamu yang datang dan pergi. Pasti semua tamu yang datang tidak bisa ditemui secara bersamaan. Makanya mereka diarahkan terlebih dahulu untuk menunggu di ruang tunggu. Di sinilah letak pentingnya keberadaan ruang tamu, sehingga beberapa perusahaan sampai membuat dekorasi sebagus mungkin di ruang tamu layaknya ruang kerja. Bahkan tidak sedikit juga yang sampai memberikan wallpaper dinding agar tamu makin terkesan saat berada di ruang tunggu.

Bikin Ruang Tamu Nyaman dengan 5 Tips Ini!

Ruang Tamu Nyaman

Bagi seorang tamu, ruang tamu dapat memberikan kesan pertama dari sebuah kantor dan menggambarkan kualitas perusahaan secara menyeluruh. Apabila ruang tamunya bagus, maka orang akan berpikir perusahaan tersebut juga memiliki pelayanan yang prima. Begitu juga sebaliknya, bila ruang tamunya cenderung berantakan, tidak terawat, dan tidak nyaman, maka itu bisa menimbulkan kesan negatif bagi perusahaan. Maka dari itu, perhatikan 5 tips berikut ini saat kamu sedang berencana membuat desain ruang tamu di kantor!

1. Letakkan Tidak Jauh Dari Pintu Masuk

Ruang tamu adalah ruang transit untuk menyambut tamu yang datang dan tidak bisa ditemui langsung. Pastikan tamu tidak jauh jalan ke dalam kantor untuk sampai ke ruang tamu. Oleh karenanya, sebisa mungkin letakkan ruang tamu berdekatan dengan pintu masuk. Saat tamu datang, mereka akan konfirmasi ke resepsionis. Baru setelah itu mereka diarahkan untuk menuju ke ruang tamu yang letaknya tidak jauh dari pintu masuk utama.

2. Beri Perabotan yang Nyaman

Kursi dan meja merupakan perabotan yang wajib ada di ruang tamu. Tapi bukan cuma itu, kamu harus memastikan setiap perabotan yang ada di ruang tamu memberikan kenyamanan bagi orang di dalamnya. Beri kursi sofa yang empuk, meja yang bagus, dan bila perlu beri alas karpet untuk menciptakan kenyamanan yang maksimal di dalam ruang tunggu. Beberapa perusahaan juga menambahkan televisi agar tamu yang datang bisa sambil menonton siaran saat sedang menunggu.

3. Pencahayaan Harus Cukup

Bagaimana mungkin tamu menunggu di sebuah ruangan yang remang-remang? Maka dari itu, ruang tunggu harus memiliki pencahayaan yang cukup. Jika tidak ada ventilasi atau jendela, pasanglah lampu terang yang sesuai dengan ukuran ruangan agar tamu tidak merasa terlalu gelap. Agar lebih bagus, tambahkan juga lampu kecil di atas meja untuk menciptakan kesan eksklusif dalam ruang tamu.

4. Perhatikan Warna Tembok

Kamu pasti tahu kan bahwa warna tembok dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Warna tembok pada ruang tamu haruslah warna yang menimbulkan perasaan nyaman bagi orang yang ada di dalam ruangan. Pilihlah warna yang cerah seperti putih, krem, kuning, atau oranye. Hindari warna-warna gelap yang dapat mengganggu kenyamana tamu. Kamu juga dapat memasang wallpaper murah sebagai hiasan yang enak dipandang oleh siapapun yang datang.

5. Taruh Beberapa Bacaan

Jangan biarkan tamu merasa bosan menunggu di dalam ruang tunggu. Selain menyediakan televisi, kamu juga dapat memberi beberapa bacaan seperti koran, majalah, atau tabloid. Biarkan tamu menghabiskan waktu di ruang tunggu dengan membaca bahan-bahan bacaan itu agar tidak merasa bosan. Tips ini sangat penting, terutama jika tamu yang datang relatif banyak dan dibutuhkan waktu yang agak lama.

Semoga berbagai tips untuk menciptakan ruang tamu yang nyaman diatas dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *