Penggunaan Jenis Waterproof Sesuai Struktur Konstruksi

Tahukah anda mengenai bahan bangunan waterproof? Waterproofing merupakan salah satu syarat pembangunan kontruksi untuk melindungi lapisan permukaan agar obyek tersebet menjadi kedap dan tahan terhadap air. Jika dalam bangunan memakai waterproofing maka kontruksi bangunan itu akan tahan lama dan makin kuat. Umumnya waterproofing dipakai untul melapisi basement dan ruang bawah tanah serta dak pada rumah.

Mungkin beberapa orang belum mengenal produk waterproofing tersebut karena biasanya di pakai di gedung-gedung besar dan rumah minimalis modern saat ini. Namun tak usah khawatir bahan waterproof ini mudah didapatkan di toko bangunan terdekat di wilayah anda. Adapula yang menawarkan jasa untuk tukang pelapisan waterproofing.

Material dasar dari waterproofing sendiri menggunakan bahan dasar semen campuran khusus dengan teknologi terkini. Dengan menggunakan waterproofing anda dapat mencegah celah air masuk ketika sedang musing hujan. Ditambah di Indonesia sendiri memiliki banyak gedung-gedung tinggi dan mulai padat akan penduduk menambah cuaca dan suhu berubah-rubah dari dingin ke panas akibatnya kontruksi bangunan mudah rapuh sehingga dapat membahayakan penghuninya namun dengan waterproofing anda bisa mencegah hal tersebut.

Waterproofing Sika

Sika waterproofing merupakan merk ternama di Indonesia yang banyak dipakai oleh kontraktor interior dan ekserior. Selain itu produk sika juga menawarkan waterproofing yang berkualitas dan memiliki keunggulannya yaitu mencegah kebocoran air karena pengaruh cuaca yang tak terduga, misalkan curah hujan tinggi. Waterproofing sika juga dapat di terapkan diarea seperti area kamar mandi,bak air,dan dasar kolam renang.

Cara penggunaan waterproofing ini juga terbilang cukup mudah dan skala kecil sehingga bisa dilakukan sendiri dengan mengaplikasikan cairan pelapis antibocor tersebut dengan campuran sedikit semen kemudian kuaskan secara perlahan ke permukaan yang dibutuhkan secara merata. Biasanya jika untuk bagian dinding anda bisa dilakukan setelah plesteran. Setelah semua selesai kuaskan kembali 1 x 24 jam agar hasil maksimal dan ujilah dengan menggenangkan air sedikit ke area itu.

Waterproofing Membrane

 

Waterproofing Membrane

Adalah salah satu coating dengan teknologi terbaru dengan bentuk mirip lapisan lembaran panjang yang kedap terhadap air. Waterproofing membrane mampu diterapkan di bagian dak dan struktur benton pada bangunan. Kegunaannya juga untuk mencegah agar terjadinya kebocoran air diarea bagian bawah. Keunggulan waterproofing ini lebih awet dan tahan lama daripada produk waterproofing lainnya serta memiliki daya tarik yang mudah lentur serta tidak gampang robek. Area pengerjaan juga akan bersih sehingga membuat struktur bangunan lebih kokoh.

Cara pemasangan waterproofing membran membutuhkan ketelitian dan ekstra hati-hati dan tidak sembarangan orang dapat memasangnya sendiri butuh 2 orang atau lebih. Cara memasangnya adalah dengan cara dibakar.

Jenis Waterproofing lainnya

Selain produk dari waterproofing sika dan waterproofing membrane ada jenis lain yag belum banyak diketahui orang, antara lain :

1. Waterproofing Coating.

Yaitu jenis waterproofing perlindungan dari rembesan dengan bahan baku terbuat dari polimer berbentuk cairan cat yang berfungsi untuk menutup lapisan permukaan yang akan dilindungi.

2. Waterproofing Intergal.

Adalah inovasi dari bidang waterproofing yang kegunaannya yang bisa di tambahkan ke dalam area beton atau dak langsung dan keuntungannya bisa mempersingkat waktu pengerjaanya.

3. Waterproofing Flashband Self addhisive.

Salah satu waterproof juga memiliki fungsi sebagai anti rembesan air yang bahan bakunya dari flashband dengan bentuk lembaran kemudian direkatkan dipermukaan yang ingin dilindungi tadi.

4. Cementitious Waterproofing.

Ialah waterproofing yang menggunakan bahan dasar dari formulasi campiran antara  special cementation chemical serta larutan waterproofing yang fungsinya melindungi dari rembesan air yang masuk melalui dinding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *