Inilah Pengaplikasian Kaca Tempered 12 mm Pada Bangunan Modern

Pengaplikasian Kaca Tempered 12 mm Pada Bangunan Modern

Kaca merupakan salah satu elemen yang hampir selalu dapat ditemukan di tiap bangunan. Fungsinya yang sangat penting dari segi fungsi teknis maupun estetika membuatnya tidak terpisahkan dari elemen wajib penyusun bangunan. Adapun jenis kaca yang sering digunakan pada bangunan modern saat ini adalah kaca tempered. Jenis ini sudah umum digunakan dan menghiasi bangunan-bangunan, mulai dari rumah hingga gedung perkantoran. Fungsinya pun bermacam-macam.

Mungkin banyak yang telah mengetahui dan pernah melihat kaca tempered. Akan tetapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kaca tempered? Kaca tempered ialah kaca dengan ukuran ketebalan yang sangat tinggi. Semakin besar ketebalan kaca tempered, semakin sulit untuk dihancurkan atau dipecahkan. Dengan kekuatan ini, kaca tempered pun banyak dipilih sebagai elemen bangunan, baik dari rumah pribadi hingga perkantoran. Penggunaan kaca tempered di rumah pribadi dapat diaplikasikan pada teras rumah. Pengaplikasian ini diterapkan untuk melindungi bagian depan rumah. Misalnya dari cuaca ekstrim maupun untuk keamanan lainnya.

Pengaplikasian Kaca Tempered 12 mm Pada Bangunan Modern

Partisi Kaca: Kunci Kesan Minimalis Bangunan

Rumah-rumah dengan konsep minimalis juga biasanya memanfaatkan kaca tempered sebagai penambah estetika dan kesesuaian dengan konsep. Biasanya, rumah-rumah ini mengedepankan penggunaan kaca agar terkesan transparan, menerima pencahayaan alami, partisi kaca antar ruangan dan masih banyak lagi. Penggunaan kaca tempered juga membuat orang-orang tidak perlu lagi khawatir karena selain indah, keamanan pun dapat dijamin.

Pintu kaca merupakan salah satu aplikasi lain dari kaca tempered yang sering ditemui. Biasanya pintu-pintu kaca dapat ditemui di perkantoran. Umumnya, material yang digunakan adalah kaca tempered berketebalan 12 mm. Sebab, dengan ketebalan ini, dapat dijamin kekuatan dan keamanan dari pintu kaca mengingat fungsinya yang secara terus menerus dibuka dan ditutup. Jika yang digunakan adalah kaca tempered yang tipis, ditakutkan risiko kerusakan maupun keamanan tidak dapat dijamin. Pintu kaca ini biasanya terdiri dari dua jenis, yang menggunakan frame dan tidak menggunakan frame dan yang memiliki satu daun pintu dan dua daun pintu.

Pintu-pintu tak berbingkai seringkali ditemukan di perkantoran. Biasanya jenis pintu ini dikombinasikan dengan partisi kaca tempered. Partisi ini umumnya digunakan sebagai pembatas ruangan kerja di gedung perkantoran maupun pembatas antar toko di sebuah pusat perbelanjaan. Umumnya, jenis kaca yang digunakan pada fungsi ini adalah kaca bening. Penggunaan kaca ini juga dapat diaplikasikan dengan motif-motif sesuai keinginan seperti garis-garis atau motif tertentu lainnya.

Pada dasarnya, penggunaan kaca tempered pada ruangan menciptakan suasana tersendiri. Selain terasa lebih luas, kesan minimalis yang menonjol dan menunjukan kemodern-an turut menjadi daya tarik penggunaan kaca tempered ini. Namun demikian, ada pula hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan kaca tempered. Misalnya untuk pintu kaca tanpa bingkai, harus dipasang engsel yang tetanam dalam lantai. Fungsinya adalah untuk membuka tutup pintu dan meminimalisir kemungkinan kerusakan pada pintu kaca. Ukuran pintu kaca menentukan beban yang dapat ditahan oleh engsel ini. Sebab, engsel untuk beban ringan, sedang, dan berat akan berbeda. Begitu pula dengan pemasangan partisi kaca di dalam ruangan.

Meskipun memiliki banyak keuntungan, ada hal-hal detail yang harus diperhatikan dalam mengaplikasikan kaca tempered 12 mm seperti engsel tadi. Kesalahan kecil dapat menyebabkan ketidakoptimalan fungsi nantinya. Selain itu, kekurangan lain dari kaca tempered 12 mm adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan jenis lainnya. Misalnya, untuk harga partisi kaca tempered 12 mm yang akan jauh lebih mahal dibandingkan partisi bahan lain. Oleh karena itu, pengaplikasian-pengaplikasian tersebut pun hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dana yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *