Mengenal Lebih Jauh Sistem Keamanan di Bank 

Mengenal Lebih Jauh Sistem Keamanan di Bank 

Sistem keamanan terhadap bank haruslah terjaga dengan baik. Hal ini dikarenakan saat ini bank menjadi alternatif yang paling banyak dipilih oleh masyarakat untuk menyimpan uang yang mereka punya.

Fungsi bank bukan hanya sebagai tempat alternatif untuk menyimpan uang saja namun, bank juga berfungsi sebagai tempat untuk menerbitkan banknote serta sebagai tempat yang sangat dianjurkan bagi orang yang ingin menjadi pengusaha untuk meminjam uang di bank.

Manfaat Menabung di Bank

Ada banyak manfaat yang kamu dapatkan ketika menabung di bank antara lain sebagai berikut :

1.    Keamanan sangat terjamin, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kehilangan uang.

2.    Mendapatkan bunga yang akan membuat anda tertarik.

3.    Mudah dalam melakukan transaksi dimana kamu dapat melakukan pembayaran di mana saja hanya dengan menggunakan internet banking.

4.    Lebih aman ketika ingun melakukan transaksi karena tidak harus membawa uang cash.

Aspek yang Harus Dilindungi Oleh Sistem Keamanan yang Ada Pada Bank

Mengingat banyaknya keuntungan yang akan didapat nasabah ketika menabung di bank membuat sistem keamanan bank haruslah ketat dengan menggunakan jasa kontraktor mekanikal elektrikal agar tidak terjadi hal – hal yang dapat membuat nasabah mengalami kerugain.

Perkembangan sistem keamanan bank terjadi seiringan dengan perkembangan teknologi yang berkembang secara cepat membuat bank harus meningkatkan sistem keamanannya agar tidak kecolongan akibat ulah orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

Mengingat akan hal itu, setidaknya ada tiga aspek yang harus dilindungi oleh pihak bank antara lain sebagai berikut :

1. Kerahasiaan

Aspek kerahasiaan adalah aspek yang harus sangat dilindungi oleh pihak bank. Dimana informasi data nasabah harus dijamin keamanannya dan hanya orang – orang yang berwenang yang dapat mengakses data yang ada agar tidak terjadi sesuatu yang dapat merugikan bank maupun nasabah.

2. Integritas

Itegritas merupakan salah satu aspek yang dilindungi oleh bank. Dalam aspek integritas bank akan menjamin keakuratan data yang dimiliki dengan tidak akan merubah data nasabah tanpa mempunyai izin terlebih dahulu dari pihak – pihak yang berwenang.

3. Ketersediaan

Aspek ketersediaan merupakan aspek dimana user akan menyiapkan data yang ada ketika sedang dibutuhkan. Namun, tetap ketika ingin mengaksea data saat dibutuhkan harus melalui implementasi sperangkat alat kontrol. Hal ini bertujuan untuk tetap melindungi data – data dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara Meningkatkan Sistem Keamanan Bank

Ada beberapa cara yang harus dilakukan oleh pihak bank dan juga nasabah untuk meningkatkan siatem keamanan bank antara lain sebagai berikut :

1) Sistem Keamanan yang Harus Dilakukan Oleh Bank

  • Mesin ATM yang akan digunakan oleh nasabah haruslah dilengkapi dengan alat – alat tambahan seperti CCTV, pad cover dan lain sebagainya.
  • Teknologi kartu ATM diganti ke dalam chip card.
  • Selalu memeriksa mesin dari sesuatu yang mencurigakan terutama alat penyadap pin yang dapat dilakukan oleh kontraktor ME.
  • Selalu melakukan pengawasan tehadap semua jenis transaksi.
  • Selalu menyiapkan strategi keamanan yang dapat dilakukan hingga jangka panjang.

2) Sistem Keamanan yang Harus Dilakukan Oleh Nasabah

  • Selain pihak bank, sistem keamanan juga harus dilakukan oleh nasabah untuk lebih meningkatkan keamanan.
  • Ketika melakukan transaksi, nasabah harus meningkatkan kewaspadaan.
  • Menjaga kerahasiaan pin kartu ATM.
  • Selalu mengutamakan bertransaksi di dalam lingkungan bank atau dapat juga melakukan transaksi melalui internet banking
  • Rutin menganti pin kartu ATM agar tetap terjamin keamanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *