Wajib Diketahui! Ini Loh Material Pembuat Meja Kantor

Material Pembuat Meja Kantor

Furniture adalah barang penting nomor satu yang harus ada di setiap kantor, mulai dari kursi, meja kerja, lemari, serta bahan lain yang mendukung aktivitas bekerja yang lebih nyaman. Tentu akan sangat aneh sekali kalau para karyawan bekerja dengan cara lesehan dan duduk di bawah (lantai) bukan? Maka dari itu meja adalah hal yang paling penting.

5 Material Pembuat Meja Kantor

Nah, dalam memilih meja kantor ini sebenarnya ada tips tertentu. Saat memutuskan untuk membeli dalam kondisi jadi, atau mungkin custom (meminta dibuatkan khusus), yang tak kalah penting adalah material atau bahan bakunya. Dalam ulasan kali ini, ada beberapa rekomendasi beberapa jenis material yang bisa kamu pakai untuk meja kerja. Yuk, langsung cek saja!

Kayu, bahan yang paling terkenal

Material pembuatan meja pertama adalah kayu. Material dari kayu terkenal karena ada banyak sekali jenis yang terkenal tahan lama dan kuat meski sudah berpuluh tahun digunakan. Berbagai bahan tersebut yaitu, kayu jati, kayu mahoni, kayu nyatoh, kayu sungkai serta kayu pinus. Semuanya punya kualitas yang tak jauh beda, bagus dan tahan lama. Meja atau kursi yang berbahan kayu ini biasanya menjadi primadona karena kualitasnya itu. Ya, ditambah lagi untuk furniture kayu bisa memberi kesan alami dan mewah ruangan.

Particleboard

Kalau membeli furniture, kursi atau mungkin meja kantor dari kayu, biasanya sih harganya juga akan mahal. Maka dari itu, untuk kantor pemula yang baru mencari peralatan kerja kantor, particleboard ini cocok sekali menjadi material untuk pembuatan meja dan furniture lain. Mengapa? Karena, ia memiliki pola unik tertentu, harganya juga tak terlalu mahal. Untuk daya tahan sendiri, kalau dirawat dengan baik dan tidak dibiarkan sering terkena air, maka material particleboard juga akan sangat awet loh.

Besi atau logam

Material yang tak kalah pamor dari kayu adalah besi. Membuat meja, kursi, atau peralatan kantor lain dari besi bukanlah hal yang langka, karena memang daya tahannya yang terkenal bisa bertahan lama. Besi atau logam sendiri, kalau dipakai untuk material meja maka ia akan tahan lapuk karena tak mungkin dimakan oleh rayap. Jadi, kalau membeli material meja dari besi tentu kantor tak perlu mengganti setiap tahun ya. Hanya saja, harga meja besi cenderung mahal dan butuh usaha untuk memindahkan sebab memiliki beban yang cukup berat.

Blokteak

Berikutnya ada blokteak. Blokteak ini menjadi pilihan meja kantor jika tak punya dana untuk membeli meja atau furniture yang full kayu semua. Karena, bahan full kayu, di samping mahal ia juga lumayan sulit didapatkan. Blokteak ini adalah material yang tak sepenuhnya kayu. Namun jangan khawatir soal urusan mutu ya, karena material tersebut juga bisa tahan lama seandainya dirawat dan dibersihkan dengan baik.

Meja dengan Material Kaca

Material Pembuat Meja Kantor

Nah, terakhir ada material dari kaca. Untuk material meja ini sudah barang tentu tak semuanya dari kaca ya. Biasanya hanya bagian atasnya saja yang terbuat dari kaca, untuk kakinya bisa dari stainless atau besi (logam). Kaca yang dipakai juga beragam, mulai dari yang tipis sampai sangat tebal. Meja kaca ini sangat awet karena bukan saja anti-lapuk, tapi juga anti-karat. Akan tetapi, menjadi repot kalau ada pindahan (kantor atau ruangan kerja), karena harus ekstra hati-hati untuk mengangkatnya.

Itulah beberapa rekomendasi material meja kantor yang mungkin bisa diterapkan. Setiap bahan tentu punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Untuk memutuskan mana yang harus dibeli itu, sesuaikan saja dengan kebutuhan saja ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *