Ingin Hemat Biaya Membangun Rumah? Manfaatkan GRC Pada 4 Area Ini

Manfaatkan GRC Pada Area Ini

Setiap orang pastilah memiliki impian untuk memiliki hunian yang luas dan nyaman. Namun apa daya, biaya rumah yang tiap tahun kian meningkat mengharuskan Anda bekerja sangat keras. Walaupun tidak bisa mendapatkan rumah yang luas, setidaknya penghematan biaya membangun rumah bisa dilakukan. Ada banyak cara menghemat, salah satunya adalah menggunakan partisi GRC di beberapa area rumah.

Mengapa GRC? Pertama harganya sangat murah hanya berkisar puluhan ribu untuk satu palet saja. Kedua adalah proses pemasangan yang mudah akan mempercepat pemasangan. Jadi Anda tidak perlu membayar tukang lebih lama. Ketiga, GRC memiliki kelebihan dari segi ketahanan terhadap api, air hingga panas. Area rumah yang menggunakan GRC akan bertahan lebih lama daripada yang dibayangkan.

Penggunaan GRC Pada Area Rumah Guna Menghemat Biaya

Manfaatkan GRC Pada Area Ini

Satu lagi alasan mengapa GRC banyak dipilih adalah bentuknya yang sangat bervariasi. Anda bisa menggunakan pada hampir di seluruh area rumah. Pemasangan bisa dilakukan secara horizontal bahkan vertikal menyesuaikan bentuk rumah. Bentuk partisi Glassfibre Reinforced Cement sebagian besar seperti papan, tapi ada juga yang sudah dicetak sehingga memiliki bentuk ukiran.

Fleksibilitasnya pun cukup tinggi, jadi GRC yang berbentuk papan bisa dibuat melengkung ketika hendak digunakan sebagai kubah. Kira-kira apa saja area rumah yang membutuhkan GRC sebagai materialnya sehingga bisa bertahan lama? Berikut ini macam-macamnya:

  • Plafon

Manfaatkan GRC Pada Area Ini

Setiap rumah di rumah Indonesia selalu menggunakan plafon, baik itu rumah bergaya minimalis hingga modern. Plafon akan mencegah debu dan kotoran yang masuk melalui celah genteng ke dalam rumah. Biasanya plafon yang digunakan berbahan gypsum, namun harga plafon gypsum lebih mahal ditambah lagi bobotnya yang berat.

Dibandingkan dengan plafon GRC juga, gypsum lebih mudah berjamur karena tidak tahan terhadap air jika terjadi kebocoran. Maka akan lebih baik jika plafon di rumah menggunakan partisi Glassfibre Reinforced Cement yang lebih murah dan tahan air. Plafon rumah akan bertahan lebih lama dan bebas resiko rapuh karena jamur.

  • Dinding

Manfaatkan GRC Pada Area Ini

Satu lagi penggunaan GRC adalah sebagai pengganti dinding di dalam ruangan. Biasanya dinding dibuat dengan menggunakan batu bata yang direkatkan dengan semen berpasir. Namun untuk membangun dinding dengan batu bata Anda bisa menghabiskan belasan juta rupiah ditambah dengan pengerjaannya yang cukup lama.

Berbeda dengan GRC, cukup dengan membuat kerangka dan langsung disusun rapi, pemasangan berlangsung dalam beberapa hari saja. Anda tidak perlu memikirkan proses plamir atau memperhitungkan membeli batu bata dalam jumlah banyak. Dinding GRC juga bisa dicat dan memberikan penampilan ruangan lebih menarik.

  • Tiang rumah

Bagi Anda yang berencana membangun rumah lebih besar dan ingin menggunakan tiang, maka sebaiknya gunakan GRC daripada membuat cor. Tiang dari bahan cor membutuhkan biaya yang sangat mahal karena seluruh bahannya menggunakan semen. Belum lagi prosesnya cukup lama dan membutuhkan tukang profesional yang jasanya sangat mahal. Anda bisa menggantikan cor pada tiang rumah menggunakan partisi GRC yang disusun. Anda bahkan bisa memvariasikan tiang berbentuk datar menjadi melengkung sehingga tampilannya lebih mewah.

  • Countertop kabinet dapur

Apakah Anda berencana untuk mengisi furnitur dapur dengan kitchen set? Tahukah Anda bahwa GRC juga bisa digunakan dalam pembuatan countertop kabinet dapur? Bukan hanya bagian rumah secara struktural saja, tetapi GRC juga sering digunakan dalam pembuatan furnitur. Alasannya adalah GRC adalah bahan yang aman, tahan air dan tahan panas. Jadi penggunaannya sebagai furnitur dapur sangatlah tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *