Kelebihan Dan Kekurangan HPL

Kelebihan Dan Kekurangan HPL

HPL (High Pressure Laminate) adalah material yang populer digunakan sebagai finishing interior. Namun sebelum memilihnya, pastikan Anda sudah mengetahui kelebihan dan juga kekurangannya. Material ini mampu menutup bagian permukaan benda agar terlihat lebih menarik dan indah. Material ini terbuat dari bahan yang bersifat ramah lingkungan sehingga banyak disukai.

Berikut Kelebihan Dan Kekurangan HPL

Kelebihan Dan Kekurangan HPL

Terdapat beberapa merek HPL yang dijual di pasaran saat ini. Setiap merek tentu memiliki harga dan juga kualitas yang berbeda. Untuk itu Anda harus melakukan survei terlebih dahulu agar bisa menentukan material terbaik guna memenuhi kebutuhan. Namun sebelum itu simaklah beberapa kelebihannya sebagai berikut.

1. Tahan gores

Material ini sering digunakan karena memiliki ketahanan yang sangat kuat terhadap goresan benda tajam. Hal tersebut tentu akan membuat tampilan material ini tetap terjamin dan terlihat indah. Tak heran jika material ini sangat populer dan banyak digunakan untuk melengkapi desain ruangan.

2. Mudah diperbaiki

Jika material ini mengalami retak atau sobek, Anda tidak perlu khawatir karena jenis material ini sangat mudah diperbaiki. Namun Anda juga harus melihat bagaimana tingkat kerusakannya. Jika kondisinya masih ringan, Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan menggunakan lem. Namun jika kerusakannya sangat parah, Anda bisa memanggil tukang service untuk memperbaikinya. Selain itu Anda juga bisa melepasnya untuk kemudian diganti dengan lapisan yang baru. Dengan begitu kondisi ruangan Anda akan terasa tetap nyaman.

3. Perawatan mudah

Material ini tidak membutuhkan perawatan khusus yang rumit. Anda hanya perlu merawatnya dengan menggunakan lap bersih atau cairan pembersih furniture. Dalam sekejap, permukaan material ini akan terlihat bersih.

4. Harga ekonomis

Harga HPL yang dijual di temtera.com cukup ekonomis. Sehingga siapa saja bisa memilikinya. Material ini bisa digunakan untuk kitchen set dan furniture agar terlihat lebih elegan dan cantik. Komponen ini tentu juga bisa membuat desain interior ruangan Anda semakin nyaman dan enak dilihat.

5. Tersedia berbagai varian

Material ini menyediakan berbagai motif dan juga warna yang menarik dan bisa mendukung penampilan interior secara maksimal. Anda bisa menyesuaikan warna serta motif yang sesuai dengan selera.

6. Tahan air

Material ini memiliki permukaan yang tahan terhadap air sehingga tidak mudah rusak ataupun berubah warna. Selain air material ini juga tahan terhadap minyak sehingga lebih awet digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Setiap material tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setelah mengetahui kelebihannya, simak juga kekurangannya sebagai berikut.

  • Tidak cocok

Material ini tidak tahan terhadap suhu yang tinggi sehingga tidak cocok digunakan pada area outdoor. Akan lebih baik jika digunakan untuk area di dalam ruangan.

  • Tidak tahan panas

Material ini harus ditempel dengan menggunakan lem sehingga tidak mampu terpapar suhu yang terlalu panas. Jika lem sudah terlalu lama digunakan dan terpapar panas, maka lama-lama mampu memudarkan daya rekatnya sehingga mudah terlepas atau menghasilkan gelembung. Untuk menjaga kualitas material ini, sebaiknya letakkan disuhu ruangan biasa yang cukup sejuk dan nyaman.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah material, Anda bisa lebih mudah untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan. Setiap toko mungkin akan menjual harga HPL yang berbeda-beda, tergantung dari motifnya. Pada dasarnya material ini merupakan salah satu jenis yang terbaik untuk digunakan sebagai finishing. Agar hasilnya maksimal, proses pemasangan harus dilakukan oleh tenaga ahli yang profesional dalam bidang interior.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *