Jenis-Jenis Kran Air yang Perlu Kamu Tahu!

Jenis-Jenis Kran Air

Fasilitas yang memadai dari sebuah hunian merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan penghuninya. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan jenis, material, kelebihan dan kekurangan dari sebuah benda sebelum memutuskan untuk mempergunakannya. Terutama kran air. Banyak orang yang ternyata tidak memahami jenis-jenis kran dan memilih memasang secara asal. Padahal, jenis-jenis kran dibuat dengan spesifik agar dapat mempermudah kegiatan tertentu, lho!

Jenis Kran Air Berdasarkan Bentuknya

Jenis kran air selain dibedakan berdasarkan spesifikasi fungsinya, tetapi juga area pemasangannya juga. Jadi, tidak semua jenis kran cocok dipasang di dalam rumah ataupun digunakan untuk mandi. Berikut jenis-jenis kran air berdasarkan bentuknya :

1. Kran angsa

Kran yang memiliki leher panjang melengkung inilah yang disebut kran angsa. Kran air jenis ini biasanya dipasang di wastafel kamar mandi ataupun dapur. Bentuk lehernya ini menjadikan bak lebih leluasa sehingga kegiatan mencuci lebih mudan dan lebih leluasa.

2. Kran cabang

Kran ini biasanya digunakan di kamar mandi dengan pilihan air yakni panas dan dingin. Kran ini mempermudah pembagian air dengan handle yang juga bercabang.

3. Kran cartridge

Jenis kran air ini sedikit berbeda di mekanisme handle. Jika kran jenis cartridge diputar maka suhunya akan berubah. Sementara untuk menyalakannya handle harus ditarik ke atas.

4. Kran minum

Kran jenis ini dapat mudah ditemukan di fasilitas umum. Bentuknya berbeda dengan jenis yang lain. Kran ini tidak berleher ukurannya lebih kecil dengan saluran air yang menghadap ke arah atas. Hal ini bertujuan agar mempermudah jika orang ingin minum langsung dari pancaran air. Cara untuk menyalakan kran ini tidak diputar tetapi ditekan.

5. Kran taman

Kran jenis ini juga dipasang di luar rumah. Biasanya dipasang di tanah dengan ditopang pipa ataupun ditembok bangunan. Kran ini cocok digunakan untuk menyirami tanaman dan halaman rumah dengan disambung pada selang. Tekanan kran air jenis ini tak beraturan dan lebih kencang sehingga tidak cocok dipasang di dalam rumah.

6. Kran otomatis

Jenis kran yang satu ini biasanya digunakan pada bangunan komersil seperti hotel mewah, mall, apartemen kelas atas dan lain-lain. Tidak perlu memutar atauun memencet, cukup dengan mengulurkan tangan tepat di bawah saluran, maka air akan mengalir secara otomatis karena adanya sensor pendeteksi.

Jenis Kran Air Berdasarkan Material

Jenis-Jenis Kran Air

Selain dibedakan berdasarkan jenis dan fungsinya kran air juga dapat dibedakan berdasarkan material pembentuknya. Hal ini juga mempengaruhi harga kran air. Berikut jenis kran air berdasarkan materialnya :

1. Brass (Kuningan)

Kran air dari bahan ini memiliki daya tahan korosi serta kebocoran. Kran jenis ini lebih tahan lama dan menarik. harga kran air berbahan kuningan lebih mahal jika dibandingkan dengan kran dari bahan lain.

2. Stainless Steel (Baja Tahan Karat)

Kran dari bahan stainless steel jika dilihat dari segi harga tentunya lebih murah . Namun, ketahanannya terhadap air lebih rendah. Jika memilih kran air jenis ini pilihlah yang mencantumkan jenis stainless-nya jika tidak biasanya mutu baik.

3. Zinc Alloy

Harganya cukup murah namun kualitasnya tidak sebaik kuningan dan stainless steel.

4. Plastik

Harga kran air yang terbuat dari plastik adalah yang paling murah diantara ketiganya. Namun, ketahanannya lebih rendah. Kran ini lebih baik dipasang di area terlindung dari panas, kelembaban maupun cuaca ekstrem.

Harga kran air di temtera tentunya sangat variatif. Apalagi saat ini untuk mendapatkan kran air tidak hanya toko konvensional yang menyediakan tetapi toko online pun juga telah menjamur. Pilihlah kran sesuai fungsi kebutuhan dan berkualitas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *