Ingin Jadi Teknisi Listrik? Anda Harus Punya Perlengkapan 3K Ini!

Teknisi Listrik

Menjadi seorang teknisi listrik bukanlah hal yang mudah, jika anda sudah memutuskan untuk menjadi sorang teknisi listrik maka anda sudah harus siap dengan resiko yang mungkin terjadi. Seorang teknisi listrik memiliki risiko keselamatan kerja yang dapat mengancam nyawa. Namun, menjadi teknisi listrik adalah pekerjaan yang mulia karena dapat membantu mengatasi gangguan pada listrik.

Bagi anda yang ingin menjadi seorang teknisi listrik tidak perlu khawatir, karena anda hanya perlu menyiapkan perlengkapan 3K bagi seorang kontraktor listrik. Lalu apa saja perlengkapan yang harus dimiliki seorang teknisi listrik? Simak penjelasan berikut ini!

Perlengkapan yang Harus Dimiliki Seorang Mekanikal Elektrikal

Teknisi Listrik

Banyak perlengkapan 3K yang harus dimiliki seorang teknisi listrik antara lain:

1.  Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Alat pemadam api ringan sangat diperlukan dalam menjalankan tugas sebagai teknisi listrik. Hal ini dilakukan karena listrik sangat identik dengan api, agar terhindar dari kebakaran yang disebabkan karena listrik. Maka dari itu, seorang mekanik listrik wajib mempunyai dan membawa APAR ketika sedang melaksanakan tugas.

2. Sefty Helmet

Dalam dunia seorang teknisi listrik sefty helmet terbagi dalam beberapa jenis sesuai dengan kegunaannya, diantanya :

  • Tipe Conductive

Helm satu ini hanya berguna melindungi kepala dari benturan benda keras agar tidak melukai kepala.

  • Tipe General

Helm tipe general tidak hanya dapat melindungi kepala dari benturan benda keras, tapi helm tipe general ini mampu melindungi diri dari sengatan listrik hingga 2200 volt.

  • Tipe Electrical

Helm tipe ini hampir sama dengan helmet tipe general. Namun, yang membedakan dari helm tipe ini adalah mampu melindungi diri sengatan listrik tinggat tinggi bahkan hingga mencapai 22000 volt.

3. Sefety Shoes

Sepatu pelindung sangat berpengaruh penting bagi teknisi listrik. Karena sefety shoes ini mampu melindungi kaki dari goresan benda tajam dan juga mampu melindungi diri dari sengatan listrik tegangan ringan hingga tinggi.

4. Ear Muff

Ear muff atau penutup telinga menjadi salah satu hal yang penting dimiliki oleh teknisi listrik. Ear muff ini berguna untuk menekan suara hingga 20 – 30dB, sehingga dapat melindungi telinga.

Baca juga: Pilih Listrik Prabayar atau Pascabayar? Ini Perbedaannya yang Bisa Dijadikan Pertimbangan

5. Masker

Masker dalam dunia kerja sudah tidak asing lagi dalam penggunaannya termasuk dalam dunia teknisi listrik. Masker bagi para kontraktor listrik ini berguna untuk melindungi pernapasan dari bahan kimia yang berasal dari kabel listrik.

6. Kacamata Pelindung

Penggunaan kacamata pelindung bagi pekerjaan ini sangatlah penting untuk melindungi mata dari percikan cahaya yang dapat merusak mata, melindungi dari debu dan lain-lain. Adapun kacamata pelindung dalam dunia kerja teknik listrik ini dibagi menjadi 2 yaitu,

  • Safety Spectacles

Kacamata pelindung jenis ini hanya melindungi mata dari cahaya, debu, serpihan benda-benda tertentu.

  • Safety Goggles

Safety goggles adalah jenis kacamata pelindung yang hampir sama dengan safety slectacles namun, safty goggles memiliki bentuk yang tepat menempel pada wajah sehingga lebih aman jika menggunakannya.

7. Alat Pelindung Badan atau Apron

Pelindung badan bagi seorang mekanikal elektrikal sangat diperlukan karena alat pelindung badan ini dapat melindungi tubuh dan bahan kimia.

8. Pelindung Tangan

Alat pelindung tangan atau hand glove ini sangat penting digunakan, selain untuk melindungi tangan dari goresan, hand glove ini juga dapat melindungi tangan dari sengatan listrik. Pelindung tangan ini terbagi kedalam beberapa jenis antara lain :

  • Cotton Gloves and Leather Gloves

Cotton gloves adalah sarung tangan yang terbuat dari katun, dan leather gloves adalah sarung tangan yang terbuat dari kulit. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi tangan dari luka ringan seperti tergores dan lain-lain.

  • Rubber Gloves

Rubber gloves adalah sarung tangan yang terbuat dari karet dan berfungsi sebagai pelindung tangan dari kontak terhadap bahan kimia yang dapat merusak tangan.

  • Electrical Gloves

Berbeda dengan 3 jenis pelindung tangan sebelumnya. Electrical gloves ini dirancang untuk melindungi tangan dari sengatan listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *