Dak Beton Bocor Bukan Zamannya Lagi. Atasi dengan Waterproofing

waterproofing dak beton

Konstruksi bangunan pasti terdiri dari lantai, dinding, dan atap. Dak beton biasanya digunakan sebagai lantai dan atap dari sebuah bangunan, sebab dinilai lebih kuat dibanding material lainnya, sayangnya retakan halus yang terjadi membuat dak menjadi sering bocor. Jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan masalah lainnya seperti roboh dan merusak barang-barang di bawahnya.

Tips membuat dak beton anti bocor

Teknik dan perawatan yang tepat bisa mengatasi masalah lama ini, selain membuat anti bocor pelapisan yang benar juga bisa menambah masa pakai dak beton. Namun banyak orang yang menganggap tahap ini memakan banyak waktu, oleh sebab itu banyak orang yang menggunakan jasa waterproofing membrane bakar sebagai pilihan proteksi dak.

Syarat utama dak beton yang baik dan benar adalah :

Kuat. Dak harus bisa menahan beban di atasnya. Untuk itu cara pembuatannya harus benar, baik dari segi perhitungan, pemilihan bahan, proses pengadukan, hingga masuk ke tahap cor.

Permukaan halus dan rata. Setelah melewati tahap cor yang harus dilakukan adalah tahap penghalusan permukaan. Dilakukan dari sudut pertama cor dihaluskan secara perlahan mundur kebelakang. Tidak hanya halus permukaan dak juga harus padat dan rata. Apabila bergelombang bisa menurunkan nilai estetika.

Tahan lama. Dak beton terkenal lebih kuat jika dibandingkan dengan material lantai maupun atap lainnya. Oleh sebab itu dak harus memenuhi syarat ekonomi yaitu dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama hingga bertahun-tahun, maka dari itu pelapisan waterproofing baik cair maupun bakar sangat penting, jasa waterproofing membrane bakar siap membantu mengatasi masalah anda.

Cara melapisi dak menggunakan waterproofing

waterproof dak beton

Masalah yang seringkali muncul pada dak beton adalah bocor atau air merembes baik atap maupun lantai, terutama lantai basement. Agar masalah ini bisa diatasi biasanya orang akan menggunakan jasa waterproofing Jakarta sebab dianggap lebih efisien karena dikerjakan tenaga profesional.

Sebelum melapisi dak beton menggunakan cairan waterproofing, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah membersihkan permukaan dak dari debu dan kotoran menggunakan sikat. Setelah bersih mulai aplikasikan waterproofing menggunakan kuas atau rol dimulai dari titik paling ujung.

Dalam keadaan basah, segera tempelkan serat fiber pada bagian yang retak besar kemudian tekan-tekan dengan kuat. Jika perlu anda bisa menekannya menggunakan rol yang sudah dicelupkan ke dalam cairan waterproofing. Setelah itu lapisi seluruh permukaan menggunakan cairan waterproofing.

Tahap terakhir adalah menunggu kering, dilanjutkan pembuatan adonan dari campuran semen dan waterproofing. Aplikasikan pada permukaan dengan ketebalan sekitar 3-5 cm. Tunggu sampai benar-benar kering baik bagian atas maupun bawah. Lalu cek apakah lapisan ada cacat atau tidak, selesai. Tahap ini memerlukan waktu yang cukup lama oleh sebab itu menggunakan jasa waterproofing Jakarta dianggap lebih efisien.

Cara kedua mengatasi dak yang bocor adalah menggunakan waterproofing membranee bakar. Jika dilakukan sendiri prosesnya jauh lebih sulit dan rumit dari pada yang cair. Alatnya pun jauh lebih kompleks, seperti gas elpiji, torch api, dan alat dempul.

Jika dilakukan oleh orang amatiran bisa berakibat fatal, sebab pengaturan api dan jarak pembakaran membrane harus sesuai. Biasanya dak akan dilapisi terlebih dahulu dengan primer kemudian atasnya ditumpuk dengan membrane, proses pembakaran dilakukan setiap jarak 50 cm. Tekan permukaan agar membrane melekat sempurna.

Lakukan cara ini sampai seluruh permukaan tertutup membrane, terakhir bakar setiap sambungan membrane sampai tertutup rapat, hal ini untuk mencegah air masuk. Cukup rumit bukan, untuk itu serahkan saja pekerjaan ini kepada jasa waterproofing membrane bakartidak perlu susah payah cukup duduk manis menunggu hasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *