Cara Membuat Meja TV dari Multiplek

Cara Membuat Meja TV dari Multiplek

Meja TV merupakan salah satu perabotan rumah tangga utama di rumah, biasanya diletakkan di ruang keluarga atau kamar tidur. Untuk membuatnya kokoh menahan beban televisi seberat apapun, bahan seperti multiplek jadi pilihan utama. Bahkan tanpa bantuan ahlipun Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, dengan mengikuti cara yang tepat.

Cara Membuat Meja TV Multiplek

Cara Membuat Meja TV Multiplek

Alat yang dibutuhkan untuk membuat meja ini diantaranya gergaji, palu atau bor, pisau cutter, kuas lem dan dempul. Sedangkan bahannya adalah multiplek, lem, pelapis jenis PVC atau HPL, paku, ampelas, dempul, engsel, kaca untuk pintu meja. Selanjutnya tinggal ikuti cara berikut.

1. Buat Sketsa Meja

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, membuat desain atau sketsa dari meja yang akan dibuat. Pastikan ukuran masing-masing bagian, untuk memudahkan Anda saat memotong bahan utamanya yang berupa lembaran kayu berlapis tersebut.

2. Potong Multiplek

Lanjutkan dengan memotong bahan utama menggunakan gergaji, pastikan semua potongan sesuai dengan ukuran masing-masing bagian meja. Mulai dari memotong untuk bagian alas bawah, kaki-kaki meja, hingga bagian atas.

3. Potong Bahan Pelapis

Lanjutkan dengan memotong bahan pelapis, sesuai dengan ukuran dari masing-masing bagian meja. Gunakan pisau cutter untuk memudahkan Anda mendapatkan bagian yang sesuai ukuran, karena kalau pakai gunting terkadang hasilnya tidak tepat.

4. Tempel Bahan Pelapis

Beri lem pada sisi dalam bahan pelapis secara rata, ikuti dengan sisi bahan kayu yang bisa Anda beli di temtera.com dengan harga multiplek murah tapi tetap berkualitas. Biarkan lem setengah kering, lalu tempelkan kedua sisi tersebut hingga merekat sempurna.

5. Amplas dan Rapikan Sisi Kayu

Setelah semua sisi kayu tersebut diberi lapisan, amplas dan rapikan jika terdapat kelebihan bahan pelapis sehingga jadi licin dan rapi. Anda bisa menggunakan amplas manual atau alat amplas khusus.

6. Rakit Bagian Meja

Mengacu pada sketsa meja yang sudah Anda buat sebelumnya, mulailah merakit bagian-bagian meja. Dari bagian terbawah dengan tambahan lapisan kayu di bagian pinggirnya agar lebih kokoh menopang beban nantinya, kemudian sambung dinding dengan bantuan palu dan paku.

Pastikan penyambungan maksimal, ditandai dengan bagian paku tertancap sempurna hingga rata di bagian atas kayu.Setelah sisi dinding kiri dan kanan, lanjutkan dengan memasang dinding bagian belakang, dengan cara yang sama. Lakukan hingga semua sisi dan rangka dalam meja tersambung sempurna.

7. Beri Dempul dan Amplas Agar Rata

Beri dempul pada bagian tancapan paku dan sisi sambungan, agar semua bagian meja menjadi rata sempurna.  Biarkan hingga dempul kering dan meresap, lanjutkan dengan pengamplasan sehingga semua bagian kembali rata.

8. Pasang Engsel

Kalau Anda membuat meja yang dilengkapi pintu, saatnya untuk memasang engsel pintu pada bagian dalam meja. Sebaiknya pilih engsel jenis sendok, sehingga bagian pembukanya terletak di dalam. Jadi saat membuka dan menutup pintu, tidak akan terganggu oleh bagian engsel.

Untuk bentuk meja televisi yang mewah dan elegan, Anda bisa memilih pintu lemari yang terbuat dari kaca. Sehingga jadi perabotan multifungsi, yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan bukum majalah dan koleksi cd Anda dan keluarga.

Demikianlah cara membuat meja TV dari bahan triplek berlapis yang tergolong kokoh ini. Anda akan banyak menghemat biaya dibanding membeli produk jadi, karena cukup mengeluarkan biaya untuk membeli bahan dengan harga multiplek terbaik dan rakit sendiri. Dan lihatlah bagaimana meja tersebut akan menambah kesempurnaan ruangan favorit Anda dirumah. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *