Cara Memasang Karpet Tile Pada Lantai

Cara Memasang Karpet Tile

Mau mengganti interior lantai rumah Anda? Coba pakai karpet tile yang akan memberikan kemewahan tanpa harus keluar duit mahal. Tapi memang untuk memasangnya dibutuhkan cara yang berbeda, dibanding pemasangan karpet jenis lain. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini hanya untuk Anda.

Cara Memasang Karpet Tile

7 Cara Memasang Karpet Tile Lantai Yang Tepat

Ada tujuh cara yang bisa dilakukan untuk memastikan produk dengan harga karpet tile terbaik, yang sudah Anda beli bisa merekat sempurna. Dan tentunya menjadi keindahan baru pada interior ruangan, coba terapkan satu persatu secara berurutan untuk hasil terbaik.

1. Ukuran Lantai

Sebelum mulai pada tahap memasang, kamu harus mengukur dulu lantai yang akan dipasangi karpet tersebut. Baik itu lebar maupun panjangnya, pastikan ukuran sangat akurat agar tidak membuat hasil pemasangan nanti tidak maksimal.

Kemudian pastikan juga berapa jumlah karpet yang akan dipasang, karena biasanya karpet jenis ini memiliki bentuk persegi dengan ukuran satuan berkisar 50 cm x 50 cm. Cara memastikan jumlah karpet adalah membagi luas lantai dengan ukuran karpet, jadi jumlah karpet yang akan dipasang benar-benar akurat.

2. Meratakan lantai

Biasanya karpet ini akan dipakai pada lantai beton, jadi pastikan lantai tersebut memiliki permukaan yang rata. Sehingga saat ditempel dengan karpet tidak ada bagian berlubang, lebih tinggi, atau miring.

Caranya bisa dengan memberi amplas pada lantai, atau melapisi kembali bagian yang tidak rata dengan semen halus. Setelah itu jangan lupa untuk menggunakan pengukur kemiringan yang biasa disebut clinometer, untuk memastikan lantai sudah memiliki tingkat rata sempurna.

3. Bersihkan Lantai

Selanjutnya pastikan permukaan lantai sudah bersih dari debu dan kotoran, agar saat menempelkan karpet lebih maksimal. Pembersihan bisa dilakukan dengan menyapu lantai, mengepelnya hingga benar-benar siap untuk ditempeli karpet.

Jika lantai masih terasa lembab biarkan dulu hingga kering, Anda bisa pakai pengering atau kipas angin agar lantai tak lagi lembab. Memang butuh kesabaran, tapi Anda akan puas, dengan hasilnya setelah proses pemasangan selesai.

4. Mulai Dari Tengah

Jika karpet tile yang Anda pilih memiliki motif tertentu, mulailah memasang karpet dari bagian tengah. Sehingga jelas bagaimana posisi motif yang akan tercipta, jika dari sudut akan menyulitkan Anda ketika harus menggunting bagian karpet yang berlebih. Untuk memudahkan, kamu juga bisa meletakkannya dulu sesuai kebutuhan sebelum direkatkan.

5. Gunakan Lem Khusus

Perekatan karpet ini biasanya menggunakan dua metode, ada yang pakai lem khusus yang memang dijual untuk merekatkan karpet. Ada juga yang menggunakan perekat otomatis yang terdapat di bagian bawah karpet, dimana kamu tinggal membuka penutupnya dan menempelkan karpet langsung pada lantai.

Harga lem ini tidak terlalu mahal jika dibandingkan harga karpet tile, tapi soal kualitas rekat bisa dipastikan maksimal. Anda tinggal bertanya pada pemilik toko karpet, tentang lem khusus terbaik yang bisa digunakan.

6. Pastikan Merekat Sempurna

Untuk penggunaan lem, pastikan kedua sisi yaitu bagian bawah karpet dan lantai sudah diolesi lem. Kemudian rekatkan dan tekan beberapa saat hingga kedua bagian tersebut menyatu sempurna. Sama halnya ketika menggunakan perekat otomatis, juga perlu teknik menekan agar karpet bisa menempel.

7. Potong Jika Berlebih

Upayakan bagian berlebih berada di pojok lantai, untuk memudahkan Anda memotongnya tanpa merusak motif yang sudah tercipta di lantai tersebut. Gunakan pisau khusus untuk melakukan pemotongan, agar ukuran karpet yang dipotong benar-benar sesuai.

Jadi ketika Anda sudah memastikan semua cara memasang karpet tile di atas terealisasi dengan baik, maka interior lantai ruangan sudah terlihat berbeda. Dijamin lebih indah dan elegan jika dibandingkan dengan lantai Anda sebelumnya. Mau mencobanya sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *