Ini Dia Berbagai Jenis Kaca yang dapat Digunakan Pada Pintu Berbahan kaca

Berbagai Jenis Pada Pintu Berbahan kaca

Pada awalnya, kaca hanya dimanfaatkan pada bagian tertentu dalam rumah yang membutuhkan sifat transparan seperti jendela. Namun, sejak munculnya beragam variasi kaca dengan ketahanannya yang baik, kaca mulai dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti pintu kaca. Namun, karena fungsinya sebagai area mobilitas utama penghuni rumah, ataupun tamu, maka bahan kaca yang digunakan tidak boleh sembarangan.

Jenis Kaca Untuk Bahan Pintu

Untuk menghasilkan pintu yang berkualitas, dan tidak mudah pecah, ada beberapa jenis kaca yang bisa digunakan. Bagi anda yang ingin menggunakan pintu berbahan kaca, maka bahan-bahan berikut bisa dijadikan pertimbangan.

1. Kaca Tempered

Berbagai Jenis Pada Pintu Berbahan kaca

Jenis kaca pertama yang paling mudah dikenal oleh masyarakat sebagai bahan pintu adalah kaca tempered. Proses pemanasan dan pendinginan yang dilakukan secara mendadak dengan suhu tertentu membuatnya lebih tahan hingga 5 kali lipat dari kaca biasa.

Selain digunakan pada pintu, banyak benda lain yang memanfaatkan kaca jenis ini khususnya pada area umum yang sering terkena benturan ringan. Hal ini tidak hanya disebabkan karena kekuatannya yang tinggi dan anti pecah, namun juga tingkat keamanannya yang tinggi, karena pecahannya sangat tumpul dan tidak akan melukai kulit.

2. Kaca Laminasi

Berbagai Jenis Pada Pintu Berbahan kaca

Kaca laminasi merupakan  jenis kaca yang memiliki daya tahan yang sangat baik dibandingkan jenis lainnya. Hal ini sangat mendukung untuk digunakan pada area yang membutuhkan pengamanan maksimal seperti lift ataupun eskalator. Walaupun demikian, bahan ini juga cocok digunakan sebagai bahan pintu bahan kaca yang identik digunakan pada area terdepan rumah. Cuaca ekstrem serta matahari yang terpapar langsung pada pintu tidak akan membuat komponennya mudah pecah. Terlebih sifat kaca anti  air sehingga aman dari gangguan jamur yang bisa merusak tampilannya.

3. Kaca Shower

Berbagai Jenis Pada Pintu Berbahan kaca

Jenis kaca shower seringkali digunakan untuk bahan pintu kamar mandi yang dipadukan dengan dinding kaca. Permukaan kaca ini terlihat buram sehingga bisa membuat bayangan yang ada dibaliknya menjadi kabur, namun tetap bisa ditembus cahaya. Kaca es sering digunakan untuk pintu kamar mandi, ataupun shower box sehingga aktivitas yang membutuhkan privasi di dalamnya bisa terjaga dengan baik. Selain itu, cahaya yang masuk tidak akan sepenuhnya menembus ruangan sehingga tidak menyilaukan.

4. Kaca One Way

Berbagai Jenis Pada Pintu Berbahan kaca

Mirip seperti cermin, kaca ini memiliki dua sisi yang berbeda, dimana pada satu sisi bersifat transparan dan mampu memperlihatkan benda yang ada di baliknya. Namun pada sisi lainnya, ia terlihat hitam sehingga tidak bisa menampilkan benda dibelakang nya dengan jelas.

Sifat inilah yang menyebabkan banyak jendela dan pintu bahan kaca menggunakannya sebagai bahan dasar, khususnya pada rumah atau ruangan yang ingin menjaga privasinya. Karena gelap di satu sisi, maka kaca jenis ini bisa menyaring panas matahari dengan baik, namun tetap memiliki ketahanan yang cukup baik

5. Kaca Sunergy

Berbagai Jenis Pada Pintu Berbahan kaca

Kaca sunergy memiliki tampilan yang sangat bening, namun memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca ekstrem. Hal ini disebabkan karena adanya material yang melapisi kaca sehingga mampu menahan cuaca yang terlalu dingin ataupun menyerap sinar matahari yang terlalu panas. Karena tampilannya yang sangat bening inilah membuat kaca ini mampu menghemat energi dan menangkal sinar UV hingga 87 persen. Dalam penggunaannya, ada dua jenis warna yang dikembangkan oleh kaca ini, yakni green dan clear dan bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Semua bahan jenis kaca di atas, memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, untuk memilih bahan kaca pada pintu bangunan atau rumah dengan lokasi tertentu segala kelebihan dan kekurangannya ini harus diperhatikan. Dengan demikian, pintu kaca yang anda gunakan bisa berfungsi lebih maksimal baik dari segi dekorasi ataupun daya tahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *