Dapatkan Partisi Bahan Gypsum Berkualitas dengan Melakukan 4 Pengecekan Berikut!

Bahan Partisi Gypsum Berkualitas

Gypsum merupakan bahan bangunan yang memiliki banyak fungsi sehingga tidak asing dalam dunia konstruksi. Hal ini disebabkan karena material nya terbilang cukup kuat, serta ringan sehingga bisa digunakan pada beberapa bagian rumah seperti material pembentuk dinding, plafon, ataupun partisi. Namun, walaupun gypsum tergolong kuat, anda harus pandai memilih yang berkualitas dengan melakukan pengecekan khususnya pada partisi gypsum sedetail mungkin.

Kiat Pengecekan Partisi Bahan Gypsum

Agar tidak terjadi kerusakan yang fatal, baik selama proses pemasangan ataupun setelahnya, maka partisi yang akan dibeli harus dicek kondisinya. Bagi orang yang masih awam, beberapa tips berikut bisa diterapkan ketika membeli partisi bahan gypsum, diantaranya

1.Memastikan Permukaannya Rata dan Halus

Bahan Partisi  Gypsum Berkualitas

Gypsum yang berkualitas, bisa dilihat dari komposisi hingga hasil finishing nya yang baik sehingga memiliki permukaan yang rata. Cara melakukan pengecekan bisa dilihat dengan memposisikan partisi dalam keadaan horizontal dan pastikan lengkungan nya maksimal 2 mm. Selain itu, permukaannya partisi juga halus dan tidak menyisakan bekas kasar yang tidak disempurnakan ketika proses produksi.

Proses pengecekan permukaan dan kelengkungan ini menjadi penentu kualitas partisi, karena  permukaan yang halus juga berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan nya ketika digunakan. Terlebih jika desain nya polos dan datar, seperti yang sering digunakan pada ruangan umum ataupun formal.

2.Tidak Mudah patah

Bahan Partisi  Gypsum Berkualitas

Cara pengecekan selanjutnya adalah dengan melihat langsung daya tahannya sebelum pemasangan dilakukan. Cara ini sangat efektif dilakukan jika supplier partisi gypsum menggunakan bahan yang diproduksi sendiri. Anda bisa mengecek bahan dasarnya yang masih berupa papan gypsum ketika sedang dipindahkan, apakah mudah patah atau tidak.

Hal yang perlu diingat adalah, bahan yang mudah patah, tidak bisa dilihat dari kelengkungan papan sebagai bahan dasar ketika di bawa. Justru kelengkungan tersebut menunjukkan sifatnya yang elastis dan memiliki kualitas yang baik selama tidak sampai mengakibatkan patah.

3. Bobot Ringan

Bahan Partisi  Gypsum Berkualitas

Salah satu keunikan dari partisi gypsum adalah kualitasnya bisa dilihat dari bobotnya ketika di bawa atau dipindahkan. Semakin ringan partisi tersebut, maka semakin berkualitas bahan penyusunnya, sehingga bisa anda jadikan pilihan. Hal ini disebabkan karena bahan pembentuk gypsum adalah campuran kertas yang sudah diproses.

Sebaliknya, jika ditemukan partisi berbahan gypsum yang memiliki bobot lebih berat, maka dikhawatirkan di dalamnya mengandung komponen tambahan yang tidak menggunakan bahan asli gypsum. Akibatnya ia mudah patah ketika diaplikasikan dalam kondisi yang cukup ekstrem ataupun terkena benturan keras.

4.Bergaransi

Bahan Partisi  Gypsum Berkualitas

Langkah terakhir yang paling mudah dan praktis di lakukan untuk mengecek kualitas dari partisi berbahan gypsum adalah adanya garansi yang diberikan. Garansi di sini, tidak harus diberikan pada partisinya langsung, namun bisa juga dikenakan pada bahan dasar pembuatnya.

Oleh sebab itu, untuk mempermudah proses pengecekan, anda bisa memilih supplier partisi yang sudah terkenal dan memiliki banyak pelanggan. Selain itu, beberapa supplier terkadang juga mempromosikan langsung kelebihan produknya yang bergaransi sehingga bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Demikian tips dalam melakukan pengecekan partisi berbahan gypsum yang bagus. Beberapa tips di atas wajib diterapkan, mengingat pada beberapa jenis partisi gypsum tidak di buat dengan bahan yang asli. Hal yang perlu diingat ketika melakukan pengecekan adalah, ketersediaan supplier untuk membebaskan anda dalam melihat langsung produk yang dijual, sebagai bukti barang mereka terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *