Yuk Cari Tahu Bahan dan Cat untuk Lapangan Badminton

Tahukah kalian kalau lantai lapangan badminton mempunyai aturan standar ketetapannya lho. Oleh sebab itu, dalam pembuatannya harus mematuhi standar yang berlaku. Standar lapangan badminton harus memiliki panjang 13,41 meter dengan kelebaran 6,10 meter. Tidak hanya itu, di dalam area lapangan harus diberi garis warna putih dengan ketebalan 40 mm. Selain ukuran lapangan, jenis bahan dan cat untuk lapangan badminton juga ada aturannya, mau tahu apa saja? Yuk kita simak penjelasannya!

Bahan dan Cat untuk Lapangan Badminton

Jenis Lantai untuk Lapangan Badminton

1. Lantai kayu lapangan badminton

Lantai kayu ini mempunyai kesan klasik untuk lapangan badminton dan sering digunakan di area lapangan badminton profesional. Lantai kayu yang sering dipakai adalah lantai kayu parket, karena lantai kayu jenis ini tidak licin dan dapat menetralkan suhu ruangan. Pemakaian lantai jenis ini membuat para pemain tidak kegerahan saat bertanding.

2. Lantai karpet vinyl

Lantai karpet vinyl memiliki banyak jenis. Untuk tekstur yang polos yaitu crystal sand, snake skin, dan liche. Sedangkan untuk tekstur yang lebih kompleks yaitu  gems, little rock, rain drop, dan coral atau Y10. Banyak yang memasang harga mahal untuk menjual lantai ini, tetapi ada juga yang jual lantai vinyl murah. Lantai jenis vinyl ini mempunyai daya cengkram yang sangat baik, sehingga pemain tidak mudah terpeleset, perawatannya juga sangat gampang, yaitu cukup dibersihkan dengan air sabun biasa, dan pemakaiannya bisa digunakan selama 10 tahun. Maka dari itu, lantai jenis vinyl sudah diakui oleh standar internasional.

3. Lantai interlock

Tak hanya untuk badminton, lantai interlock ini juga bisa digunakan untuk lapangan futsal dan lapangan basket. Lapangan ini bisa bongkar pasang kapan saja. Meski begitu, kita tidak boleh sembarang dalam merawatnya karena harus dibersihkan dengan cairan pembersih khusus. Maka selain menggunakan lantai vinyl, juga bisa dengan jenis lantai yang satu ini untuk lapangan badminton yang sesuai standar.

4. Lantai plester beton

Lapangan ini sering dijumpai di Indonesia dan digunakan di ruang terbuka. Keunggulan lantai ini sangat tahan terhadap terjangan cuaca ekstrem. Sementara untuk kekurangannya, pemain mudah jatuh dan rawan terjadi cedera. Bila tidak ingin hal tersebut terjadi maka bisa diganti menggunakan lantai vinyl yang lebih aman penggunaanya

Cat Lantai untuk Lapangan Badminton

Cat Lantai untuk Lapangan Badminton

Menurut ketentuan dan kesepakatan aturan dari Badminton World Federation (BWF), cat lantai lapangan badminton harus berwarna hijau atau biru.

Nah, kita ada tips untuk kalian yang sedang mencari cat lapangan badminton terbaik adalah harus dilihat dari daya kekuatannya,seperti:

  • Cat harus tahan panas dan tidak mudah leleh saat terkena sinar matahari,
  • Cat harus punya daya lekat yang baik terhadap jenis lantai lapangan, entah itu terbuat dari beton hingga kayu,
  • Cat harus anti licin, anti jamur, dan anti selip agar tidak terjadi cedera pada pemain, hal itu juga akan berdampak pada kestabilan pantulan shuttlecock.

Berdasarkan tips di atas, jenis cat yang mendekati adalah Cat Propan. Lapisan film cat ini fleksibel dan melekat kuat pada permukaan lapangan. Selain itu, bisa juga menggunakan cat akrilik. Kedua cat ini sangat mudah ditemukan, baik di toko online maupun toko bangunan.

Sekian penjelasan mengenai aturan dalam pembuatan lantai lapangan badminton. Hal itu dilakukan karena sangat mempengaruhi kualitas permainan dan performa para pemain saat melakukan pertandingan. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk kalian para pecinta badminton. Salam olahraga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *