Aneka Pemanfaatan UPVC Pada Konstruksi

Aneka Pemanfaatan UPVC Pada Konstruksi

Ada banyak material yang dimanfaatkan dalam konstruksi bangunan. Sebut saja seperti bahan-bahan matrial pembuatan dinding, hingga genteng, plafon, dan juga dekorasi seperti kaca cermin. Setiap pemilihan bahan baku material bangunan, harus dipilih berdasarkan beragam pertimbangan. Baik harga, daya tahan, kemudahan dalam dikreasikan, serta lain sebagainya. Tergantung untuk apa material tersebut digunakan.

Kelebihan Material UPVC (Unplasticized Poly Vinyl Chloride)

Aneka Pemanfaatan UPVC Pada Konstruksi

UPVC adalah material bahan bangunan yang merupakan turunan dari plastik. Anda mungkin sering mendengar PVC atau pipa paralon. Pada dasarnya, UPVC memang terbuat dari material yang sama. Hanya saja, pada UPVC material plastik tersebut melalui proses lanjut sehingga sifat keplastikannya dapat dihilangkan dan lebih tahan lama.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh UPVC. Di antaranya adalah :

  • Harganya cenderung lebih murah. Banyak yang mengira bahwa harga murah membuat UPVC menjadi tidak berkualitas. Padahal itu sama sekali tidak benar. Tapi tentu saja, harga pelengkap lainnya seperti harga kaca cermin tidak turut diperhitungkan. Walaupun memiliki harga ekonomis, UPVC punya  banyak keunggulan dan tampilan yang elegan. Tidak kalah dari bahan lain yang lebih mahal.
  • Lebih Ramah Lingkungan. Karena dalam pembuatannya juga dikombinasikan dengan bahan yang lebih ramah lingkungan.
  • Lebih tahan api karen pada UPVC terdapat penghambat api.
  • Hemat Energi. Karena UPVC dapat menjaga kondisi ruangan tetap sejuk. Maka penggunaan AC bisa jadi lebih hemat
  •  Tidak ada perawatan khusus untuk UPVC karena lebih mudah dibersihkan.
  •  Selain mudah dibersihkan, UPVC juga anti air, anti karat dan juga anti rayap

Itulah beberapa kelebihan UPVC. Masih banyak kelebihan UPVC yang lain, berkaitan dengan manfaatnya. Termasuk, kelebihan UPVC yang pemuaiannya tidak sebesar kayu. Maka dari itu, UPVC juga menjadi pilihan tepat untuk dijadikan kusen, atau bingkai kaca cermin.

Pemanfaatan UPVC

Pemanfaatan UPVC di dalam konstruksi bangunan sudah sangat sering digunakan. Terlebih lagi, UPVC bisa dimanfaatkan menjadi beberapa bagian konstruksi bangunan.

Pintu

Salah satu pemanfaatan UPVC dalam konstruksi adalah sebagai pintu. Pintu UPVC bisa dibuat variatif. Mulai dari pintu single, pintu dengan bukaan ganda, pintu sliding dan juga pintu lipat. Anda bisa memilih variasi pintu dari bahan UPVC ini sesuai kebutuhan Anda.

Dinding Partisi

Dinding dalam ruangan tidak saja terdiri dari dinding permanen dari bata yang diplester. Tapi juga dapat menggunakan dinding partisi dari berbagai bahan, termasuk UPVC. Dinding partisi biasanya tidak memiliki ketebalan yang sama seperti dinding permanen, melainkan lebih tipis. Partisi UPVC juga bisa dilipat atau bahkan dipindahkan sesuai kebutuhan. Misalnya untuk pemisahan jemaah di rumah ibadah, atau membuat ruang ganti di kamar asrama dan lain sebagainya.

UPVC juga memiliki kelebihan mampu meredam suara. Maka jika digunakan sebagai dinding partisi yang tertutup secara utuh, privasi juga bisa terjaga.

Kusen

Pemanfaatan UPVC pada konstruksi yang tengah merajalela adalah penggunaan untuk kusen. Kusen ini terdiri dari kusen pintu dan juga kusen jendela. Kusen UPVC bisa divariasikan sesuai kebutuhan. Untuk dibuat menjadi kusen, bahan UPVC dipotong menjadi beberapa profil kusen dengan menggunakan mesin.

Setelah itu, setiap kusen disambung atau ditempelkan satu sama lain sesuai model yang dikehendaki. Dengan menggunakan teknik penyambungan mechanical joint atau fusion welding. Kusen lalu siap dipasangkan dan ditambahkan kaca. Baik kaca bening biasa, kaca film, tempered glass maupun dijadikan bingkai untuk kaca cermin sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *