4 Keuntungan Menggunakan Roller Blind Vertikal

Keuntungan Menggunakan Roller Blind Vertikal

Penggunaan tirai dalam ruangan memiliki banyak manfaat mulai dari kemampuannya memblokir cahaya dari luar, hingga tampilan yang menarik untuk fungsi dekorasi. Di Indonesia sendiri, saat ini sudah banyak berkembang variasi tirai atau gorden yang memiliki keunggulan tersendiri. Salah satunya adalah roller blind jenis vertikal yang mulai banyak diminati oleh masyarakat.

Keuntungan Menggunakan Tirai Vertikal

Walaupun sekilas  memiliki fungsi yang sama dengan gorden lain, yakni untuk menghalau sinar matahari yang masuk ruangan, namun jenis vertikal memiliki beberapa perbedaan tersendiri. Dilihat dari bentuknya yang menekankan garis membujur serta sistem pengendalian cahayanya, sehingga tirai ini memiliki beberapa keuntungan lain, diantaranya

1. Menciptakan Ilusi Rumah yang Lebih  Tinggi

Kentungan pertama dari tirai yang berbentuk vertikal adalah tampilannya yang khas, dengan adanya penegasan garis membujur ke bawah. Hal ini sangat bermanfaat bagi rumah yang memiliki jarak plafon rendah dan terlihat sempit.

Dengan menggunakan tirai vertikal, akan tercipta ilusi yang membuat suasana rumah terlihat lebih tinggi dan lapang, padahal harga roller blind jenis ini sama dengan yang lain.  Tirai jenis ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki rumah minimalis dengan area terbatas.

2. Memberi Penegasan Garis Rumah dari Cahaya yang Masuk

Tirai blind vertikal memiliki cela berbentuk garis lurus yang membatasi antara kain yang satu dengan lainnya. Cela ini berfungsi untuk mengatur kuantitas cahaya yang masuk sesuai dengan keinginan penggunanya.

Namun, selain fungsi filterisasi cahaya, cela ini juga bisa memberi penegasan garis yang menarik, karena akan ditembus oleh sebagian cahaya yang berhasil masuk. Sinarnya yang menyerupai garis selain memberi pencahayaan juga berfungsi sebagai penegasan garis rumah.

3. Perawatan yang Lebih Mudah

Perawatan Vertical Blind

Berbeda dengan gorden kain biasa, harga roller blind yang murah memiliki keunggulan dari perawatannya yang sangat mudah, dan tidak perlu dicuci secara teratur menggunakan sabun. Anda cukup memanfaatkan lap kering yang lembut untuk membersihkan sedikit debu yang mungkin masih tersisa, khususnya pada bahan yang tidak memiliki formul anti debu.

Selain itu, pada tirai blind yang vertikal, akan memberikan kemudahan saat proses pembersihannya, karena bisa diambil bagian per bagian, bukan dicuci sekaligus. Jika terkena noda yang membandel, anda cukup membersihkan bagian yang kotor saja, sehingga tidak menguras tenaga.

4. Lebih Netral

Garis memberikan tampilan yang netral karena sifatnya yang natural dan menjadi salah satu proses dasar dalam membuat karya seni. Pilihan warna dan motif yang ditawarkan oleh tirai blind jenis vertikal ini juga sangat sederhana sehingga bisa digunakan di segala area dengan tema apapun.

Walaupun sederhana, bentuk tirai yang unik dan minimalis tetap memberikan kesan yang elegan  dalam ruangan. Hal ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin membuat ruangan lebih mewah, walaupun lebarnya terbatas.

Dengan adanya 4 keunggulan yang bisa didapatkan dari penggunaan tirai blind vertikal, maka anda tidak perlu bingung memilih jenis tirai lainnya yang belum tentu sesuai dengan dekorasi ruangan. Namun, jika sudah memiliki pilihan roller blind yang lebih sesuai dengan tema, seperti tirai bahan kayu untuk tema rumah klasik, tidak ada salahnya untuk mencoba yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *